Cara Mudah Menulis Hangeul Pada Laptop/PC

Akhir-akhir ini gue lagi kepincut sama yang namanya Korea. Pokoknya yang berhubungan dengan Korea, gue deketin. Semua ini karena si sembilan cewek Korea (소녀시대/SNSD/Girls’ Generatrion) yang sekarang lagi booming banget itu selalu hadir dalam mimpi gue manggil, “Oppa! Oppa!” Sumpah, mereka itu selalu mengganggu sekaligus membantu gue nyelesaikan skripsi gue (Lho!). Disaat lagi suntuk gak bias nulis, jari-jari gue langsung menari diatas keyboard membuka satu persatu folder dalam computer gue buat nyari Music Video mereka atau malah video Variety show mereka yang gue dapet dari download secara bergerilya (Dan sekarang harddisk gue udah hampir critical karena kepenuhan video mereka. Setelah gue puter, asli, enjoy banget. Mungkin kayak gini ya perasaan orang yang lagi nge-drugs, FLYING WITHOUT WINGS (sori, Capslock gue gak sengaja ketekan, hehe).



Karena demen sama SNSD, otomatis gue pengen bisa bahasa mereka juga. Mulailah gue belajar sedikit demi sedikit bahasa mereka yang dikenal dengan Hangeul (한글). Nah, mungkin kalian juga memiliki cerita yang sama dengan gue, cuma bedanya kalian selalu keki karena gak bisa nulis Hangeul di laptop. Gue punya cara bagaimana laptop kita bisa dipake buat nulis Hangeul.
Note: Operating System yang gue pake adalah Microsoft Vista, jadi u/ OS yang lain mohon disesuaikan.
Lihat bagian yang di highlight Kuning

Langkah 1
Klik Control Panel -- Regional and Language Option -- Keyboards and Language -- Change keyboards...
 










































Langkah 2
General à Klik “Add...”











































Cari dan klik tanda [+] “Korean” à Keyboard à lalu centang “Microsoft IME” à Tekan “OK”




















Langkah 3
Pada langkah ini, kita akan me-remove bahasa yang tidak diperlukan (Bahasa Indonesia). Kenapa diremove? Karena kalau terlalu banyak bahasa yang diinstal akan semakin ribet jika ingin berpindah bahasa saat mengetik. Selain itu, Bahasa Indonesia dgn bahasa Inggris hampir tidak ada bedanya, jadi dari pada mubazir, mending dihapus salah satu. Direkomendasikan untuk tetap menyimpan yang bahasa Inggris karena ada fitur autocorrect saat kita mengetik dalam bahasa Inggris.
Sebelum me-remove, check dulu “Default input Language”. Pastikan bahasa yang jadi default adalah bahasa selain bahasa Indonesia. Caranya klik bagian yg di-higlight berikut, lalu pilih bahasa yang tersedia (Lihat gambar)










































Lalu, dalam “Installed Services”, klik “IN Indonesia (Indonesia)” à lalu Remove









































Lalu tampilannya akan menjadi seperti dibawah ini. Tekan OK atau Apply untuk menyimpan

















































Langkah 4 (Terakhir)
Cobalah untuk menulis Hangeul dalam WORDS atau yang lainnya. Jika tulisan masih dalam bentuk tulisan latin (belum Hangeul), coba klik tombol “ALT” di samping kanan tombol “ENTER” sekali, lalu coba untuk menulis lagi.














Berikut ini adalah contoh posisi huruf Hangeul dalam keyboard.

















Untuk menampilkan beberapa konsonan double seperti “”, “”, “”, “”, dan “” dan vocal diphthong seperti “” dan “” tekan dan hold tombol Shift lalu ketik huruf Hangeul seperti gambar dibawah.

















[Updated]
Bagi yang pengen download font Hangeul lucu, nih ane kasih linknya


Download FONT HANGEUL






Selamat Mencoba!!!!!!



by @debeesen (twitter)


0 comments:

Post a Comment

Your comment here

 

The other network

Visitors