GUE tahu kalo GUE punya banyak kekurangan!!!!!!! Makasih!!!!!!!

C4 (Confession Corner of The Cute Cat...halah!)


Tahu apa yang terkesan agak janggal dari kalimat judul di atas? Dari bunyinya saja kita tahu kalau orang yang yang mengatakan kalimat tersebut sebenarnya bermaksud untuk mengakui kekurangan yang ada pada dirinya, sekaligus juga mengucapkan terimakasih kepada orang lain (entah siapa) yang mungkin menyampaikan suatu kritik kepadanya. Tapi coba perhatikan antrian tanda- tanda seru di belakang kalimat yang panjangnya ngalah-ngalahin antrian masyarakat yang mau beli minyak tanah. Plus font tulisan yang sengaja dibuat gede-gede, dicetak tebal, mana diwarnai semerah darah lagi (hih!). Dari semua itu kita semua pasti langsung bisa menangkap kesan bahwa orang yang mengatakan kalimat tersebut jelas-jelas nggak ikhlas untuk mengakui kekurangannya.

Ih! Sapa sih orang rese tersebut? Emm...ehem...ehem... anu... duh... ga enak ngomong nih...se-sebenarnya... orang yang ngomong kalimat bernada kontras di atas adalah... saya sendiri... (GLODHAK!)

Jadi gini, kalimat di atas itu langsung terlontar begitu saja setelah Neko habis latihan debat bahasa Inggris bersama teman-teman Neko yang mengambil lokasi di UKM IPRI (Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Pecinta Retorika Indonesia...huah... panjangnya). Kita semua berniat mengikuti kompetisi debat di UNMU 9 Mei nanti. Jadinya, setiap hari Minggu kegiatan latihan bersama yang biasa dimulai dari jam dua siang ini bisa berlangsung sampai habis maghrib! Duh, untung tumpukan cucian di rumah udah selesai diberesin... ibu Neko... Hehehe, bercanda kok, yang nyuci ya jelas Neko sendiri dong! Sumpah!

Abis latihan, anak-anak yang lain langsung pada bubar. Kecuali “keluarga besar” Neko yaitu: Neko sendiri, “Mama” Risma, “Papa” Aan, “Oom” Daphied, “Kou Sing”, yang masih ngumpul di depan UKM, membahas topik-topik seru yang baru saja kita perdebatkan tadi. By the way, “Kou Sing” itu bukan nama asli. Actually that name is derived from the word “Cousin”. Neko panggil begitu, 'coz Neko udah menganggap tuh anak sebagai sodara sepupu sendiri. Namun, karena dia beretnis oriental (ga ada maksud SARA loh!), panggilan “Cousin” Neko modifikasi jadi “Kou Sing”. Biar mirip-mirip acara Chen Sing yang di Indosiar itu lho. (Haiyyaa... Kou Sing dah dateng...aaa... Maen... kejal-kejalan yuukk... ^_^). Trus tiba-tiba aja si bocah Wong Fei Hung itu mengkritik Neko. Dia bilang gini:

“Haiyaa... Neko. Kamu nggak ngelasa kalo cala bicala kamu tadi lucu banget, aaa?”
(TRANSLATION: Neko. Kamu nggak ngerasa kalo cara bicara kamu tadi lucu banget? Untuk selanjutnya, ganti hulup eh... huruf “L” menjadi huruf “R”)

Sebental... eh sebentar kemudian Neko langsung mengerutkan kening dan menyemplot... eh menyemprot, “Maksud lo?!”

“Abis plonociation (prononciation) atawa ejaan kosa kata kamu salah semua aaa... Halusnya kamu bisa ngebuktiin ama meleka yang dali fakultas non-sastla kalo bahasa Ingglis kamu lebih bagus!”

J-DHER! Emang, anak-anak yang mengikuti latihan debat itu berasal dari berbagai macam fakultas, mulai dari MIPA, Ekonomi, dll. Anggota yang berasal dari Sastra Inggris ya cuma Neko dan “Keluarga Besar” Neko yang Neko sebutin satu-satu tadi. Emang sih, Neko kalo lagi debat bahasa Inggris bawaannya suka ngotot, menggebu-gebu ala jubir parpol, ngoceh dengan penuh semangat 45 sampai Bung Tomo aja kalah ngoyo. Gaya pun gak kalah heboh, berikut rinciannya:

1. Tangan goyang kesana-kemari kaya orang jadi dirijen orkestra,
2. Badan muter-muter 360 derajat. Paduan antara balet klasik plus goyang ngebor (halah!),
3. Tapi... grammar ama prononciation-nya salah semua!

Well, aslinya English Neko ga separah itu, cuma mungkin gara-gara saking semangatnya ngomong, Neko jadi melupakan semua kaidah-kaidah EYD (English Yang Dibakukan) yang tertuang dalam buku “UNDERSTANDING AND USING ENGLISH GRAMMAR” Third Edition, karya Betty Schrampfer Azar (Buset dah belibet gue, siapa sih ortunya?! Kenapa ngasih nama bukan Paijo atau Painem aja?!)

Walaupun si “Kou Sing” mungkin bermaksud baek, tapi Neko langsung tersungging eh... tersinggung. Jelas aja, tanpa dibilangin pun Neko udah paham kalo grammar dan ejaan Neko rada memprihatinkan... Neko cuma sering nggak nyadar aja kok! Makanya Neko pun langsung melontarkan kalimat yang bernada sama dengan judul di atas tersebut:

“Well, OK! I know kalo cara ngomong aku aneh. MAKASIH DAH NGASIH TAU!”
Kou-Sing mungkin rada shock digituin 'coz dia langsung memperhalus nada bicaranya, “Lho...bukannya gitu...”

'Mama' dan 'Papa' yang menjadi saksi akan adegan tersebut langsung saling lirak-lirik sambil mesam-mesem penuh arti. Mungkin pikir mereka nih anak dikritik ikhlas ga sih? Neko pun baru ngeh kalo reaksi Neko saat itu konyol banget setelah Neko dijemput Miki (Mikirolet). Malem itu juga Neko langsung ngirim SMS yang isinya permintaan maaf dan juga ucapan terimakasih karena dia dah berbaek hati mengoreksi kesalahan Neko. Ya iyalah, kalo sampe dia ngambek dan mengajak 1 milyar penduduk Cina buat ngeroyok gue kan berabe! Hehehe.

Tapi emang yang namanya seni mengkritik tuh jauh lebih susah daripada seni meng-kriting rambut orang. Sering yang dikasih kritik jadi salah paham dan akhirnya timbullah percekcokan. Ujung-ujungnya musuhan deh. Menerima kripik emang enak (apalagi kalo gratis) tapi kalau kritik?

Gimana sih rasanya kalau usaha atau hasil karya kita dikritik orang lain? Pasti deh bawaannya kepingin nabok tuh orang pake lampu teplok atau mengunci mulutnya dengan gembok biar kapok! Pikir kita, “Lu dateng-dateng enak aja langsung maen kritik! Ga tau apa perjuangan gue selama ini?!” Neko rasa itu wajar-wajar aja sih... kalo kita masih jadi anak TK hehehe...

Sebagai manusia biasa, tentu masing-masing dari kita punya kekurangan. Masalahnya sering kita nggak menyadari kekurangan kita sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal cermin, benda yang bisa merefleksikan bayangan kita sendiri. Berkat cermin kita bisa tahu kalau rambut kita berantakan, di hidung masih ada kotorannya, wajah kita berminyak, dan eh... ada jerawat baru nongol lagi di jidat! Neko tadinya menganggap kalo cermin itu cuma buat orang-orang narsis dan kemenyek (centil). Neko baru sadar betapa pentingnya cermin setelah begitu banyak teman Neko yang bilang kalo cara jilbaban Neko persis kaya Dementor pake tudung jubah! (Itu pas SMP)

Anehnya kita nggak pernah marah tuh sama cermin tiap kali dia 'memberi tahu' kita kalau kita jerawatan, ada bekas iler di pipi kita (hieee...), dll. Pernah nggak kamu nabokin cermin, tiap kali kamu menyadari kesemrawutan penampilan kamu? (Kalo pernah berarti kamu...) Yang terjadi biasanya kita langsung buru-buru memperbaiki kesalahan itu kan? Lagipula cermin kan nggak pernah bilang, “Udah deh, kalo udah ancur dari sononya mau apa lagi?”

Karena itu Neko pun berpikir bukannya si Kou Sing tadi juga bermaksud baik? Toh, sebagai salah satu teman baik Neko, tentunya dia mengkritik Neko bukan karena ingin menjatuhkan harga diri Neko. Dia tentu nggak mau lihat Neko keterusan ngomong dengan cara yang konyol lagi, apalagi pas di kompetisi yang sesungguhnya. Seharusnya Neko bisa melihat kritikan itu sebagai pelecut motivasi Neko untuk lebih berkonsentrasi setiap debat dan... memperbaiki grammar dan prononciation Neko sebelum semakin ancur... Neko tentunya nggak mau jadi seperti rezim orde baru yang kalo dikritik aktivis dan mahasiswa langsung ngambek dan main culik hi... Ah, malu Neko. Buat Kou Sing, makasih ya dah jadi “cermin” buat Neko...

Reaksi spontan Neko tadi mungkin menandakan kalau Neko masih belum dewasa dalam hal pola pikir. Neko pingin bisa kaya Aa Gym yang bisa menyikapi setiap kritik dengan cara yang elegan dan menyejukkan. Jadi akhirnya yang nonton pun jadi berpikir, “Iih Aa Gym nggak gitu deh! Gila aja tuh yang ngritik nggak-nggak. Wong orangnya baek-baek aja tuh. Beda jauh ama si Ratu Goyang Gergaji yang pas ditegor agar membatasi caranya berpenampilan agar tak terlalu vulgar. Mana pake bawa-bawa nama agama dan Tuhan lagi! Amit-amit... kayak yang paling bener aja... Eh! Bukannya Neko juga belum tentu lebih baik daripada dia, lalu kenapa Neko pun seenaknya main kritik? Ah, mending Neko diem aja ah en mendoakan agar sang Ratu diberi hidayah... Daripada diajukan somasi karena tuduhan mencemarkan nama baik???

NB: Buat pihak-pihak yang pernah memberi kritik (membangun) tapi tidak Neko tanggapi dengan baik, Neko cuma bisa mohon maaf yang sebesar-besarnya dan mengucapkan terimakasih. Btw... kalian apa nggak minta maaf juga karena keseringan ngritik? ^_^

by Kawaii Neko

0 comments:

Post a Comment

Your comment here

 

The other network

Visitors