Apakah Indonesia bisa? (Celebrating 100 years of National's awakening)

Waktu SD dulu, angka 100 mungkin sesuatu yang special. Karena 100 melambangkan nilai sempurna. Namun sudahkah 100 tahun kebangkitan Nasional menggambarkan kesuksesan kita membangun bangsa? Wah...perlu dievaluasi nih...
Dalam kurun waktu 100 perjalanan bangsa ini, ada banyak hal yang mengiringi terjadi. Perjuangan kemerdekaan, pemberontakan dan gerakan separatis, dan tentunya reformasi. Akan tetapi sudahkah bangsa ini benar-benar bangkit? Bangkit dari keterpurukan, bangkit dari kebodohan, bangkit dari ketertinggalan, dan teman-temannya seperti yang udah diimpikan oleh para pendiri bangsa. Bukan tidak mungkin itu semua terwujud itu semua tergantung pada kita, generasi muda penerus bangsa. Apakah kita mau?
Menurut pendapat beberapa ahli, semangat nasionalisme anak muda Indonesia sudah jauh menurun. Apa? Menurun? Yang benar saja? Beberapa waktu lalu aja pas kita ada masalah dengan negara tetangga yang berinisial M, para pemuda kita dengan giat dan semangat 45 berperang lewat dunia maya. Emang kurang cukup gitu? Mungkin yang dimaksud oleh ahli tersebut adalah berkurangnya minat pemuda Indonesia untuk melestarikan aset budaya bangsa. Contohnya, malu nggak kalo kalian disuruh pake baju daerah. yah..minimal batik deh.. Mungkin beberapa ya dan beberapa tidak. Disitulah masalahnya kita nggak pernah bangga punya budaya seperti yang kita punya sekaran. Mungkin itu juga alasan mengapa pemerintah mengadakan acara kolosal yang disiarkan secara langsung tepat 20 mei di GOR Bung Karno. Kalo boleh jujur, aku merinding disko waktu liat atraksi para pemusik dan penari daerah. Aku baru sadar seberagam itukah bangsa kita. Benar-benar indah. Hal ini seperti mengisyaratkan kita untuk senantiasa bersyukur dan berusaha melestarikan apa yang telah kita punya. Kita harus bersatu untuk membangun negeri ini ke arah yang lebih baik, ke arah yang telah menjadi tujuan bangsa Indonesia.
Dengan ini kita harus pupuk rasa nasionalisme kita. Kita harus percaya kalau kita bisa mewujudkan mimpi kita dengan menggalang persatuan bangsa. Lupakan perbedaan. Kita adalah satu dalam INDONESIA.

INDONESIA BISA!

Sori kalo terlalu menggebu-gebu. Itulah aku... ;-)

by Dave.id

1 comments:

  1. setuju senior!
    bangsa kita sepengetahuan silver adalah satu-satunya bangsa yang benar-benar multikultur, sehingga sayang sekali kalau ada budaya yang hilang atau lebih parah lagi diambil negara lain!
    BANGKIT INDONESIA!!!

    ReplyDelete

Your comment here

 

The other network

Visitors