BusukTV (Televisi Busuk Indonesia)



Kenapa ya, kok gak ada acara TV di Indonesia yang benar-benar bikin gue pingin nonton? Beda banget sama akhir 90-an sampek awal 2000-an. Kalo menurut gue, semua stasiun TV Indo  saat ini sama aja; Gosip, Sinetron, Acara Musik Lipsync, Acara (yang ngakunya) Reality Show. Giliran ada acara yang bagus, eh lama-lama jadi lebay. Bikin ilfil jadinya.


Kadang-kadang acara infotainment itu emang keterlaluan. Kadang-kadang mereka (baca: wartawan) terlalu memaksakan pertanyaan kepada si artis yang menurut gue sangat mengganggu. Pantes aja banyak wartawan infotainment yang kena damprat si artis. Dulu pernah ada kan kasus kamera si wartawan itu dirusak sama artis yang gue lupa namanya trus si wartawannya gak terima langsung lapor polisi. Kalo gue jadi polisinya gue bakal bilang,”RASAIN LO!” Kalo menurut gue, hal ini menunjukkan betapa tidak dewasanya infotainment di Indonesia. Seharusnya jika mereka sudah berani mengganggu privasi orang lain (baca: artis), mereka juga mesti tahu akibatnya saat si artis sudah hilang kesabaran karena terus-terusan didesak. Jangankan manusia, kucing aja kalo kepojok juga bakal nyakar.
 
 Sinetron juga gitu. Aneh kalo kata gue. Gak realistis dan terlalu Matrealiltis. Gak realistisnya ditunjukkan dengan plot yang kadang-kadang gak mungkin terjadi. Contohnya si Mawar benci setengah mati sama si Melati (pemeran Utama) karena telah merebut cita dari Kumbang, cowok yang dicintai oleh Mawar. Karena nggak bias mendapat si Kumbang akhirnya si Mawar bersumpah, “Kalau aku tak mendapatkan si Kumbang, maka tak ada wanita lain yang boleh menyentuhnya. KUBUNUH KAU MELATI!!!” Sampek akhir episode ke 666, si Mawar masih belum juga bisa mewujudkan sumpahnya itu, padahal ia sudah beberapa kali mengalami kecelakaan yang ekstreme dalam rangka mencelakai si pemeran utama. Si Mawar tetep hidup meskipun sudah jatuh ke jurang, tertabrak mobil, dan terbakar. Aneh kan? Ceritanya bener-bener kayak dongeng Cinderella. Yang jahat udah kayak penyihir jahatnya (sambil melotot dengan seringai menakutkan), yang baik malah bodohya gak kelungungan (dijahatin tapi tetep aja bego, gak ngelawan. Bener-bener bego, atau belaga bego?)

Dari segi materialisitinya ditunjukkan dengan episode yang sampek ratusan (kayak iklan wafer aja). Para produser itu males untuk membuat sinetron baru jika sinetron yang lama masih laku, jadinya akan dibuat lanjutannya dalam seasons 2, 3,4,5,6,7,8,9,…,100. Males banget lihatnya. Masak tiap hari yang muncul di tivi selama 5 tahun ya orang itu-itu aja. Mending liat Drama Korea ato Drama Jepang aja. Lebih jelas, lebih bermutu.


Nah, kalo pagi-pagi, tiap baru bangun langsung dihadapkan dengan acara Musik yang ngakunya LIVE tapi semua pada LIPSYNC. Gak cuma di satu stasiun tivi ada tiga kalo gak salah itung, semuanya marathon, abis dari stasiun tivi ini, trus pindah ke tivi satunya, trus pindah lagi ke tivi satunya lagi. Dan itu tiap hari, dari senin sampek ketemu senin lagi. Dan herannya yang liat itu sampek rela panas-panasan, desak-desakan. Mending kalo yang nyanyi itu Live, jadi gak rugi nungguin, lha ini mereka Lipsync, sama persis sama yang di MP3. Kalo gue mending ndengerin MP3-nya aja, bisa sambil tiduran di kasur. ENJOY!
 
Yang satu ini juga aneh nih. Ngakunya aja REALITY SHOW, pastiya kita berharap ini bakal mengungkap kehidupan seseorang secara Nyata. Api, sekali lagi kita dibohongi. Gak satupun acara berlabel ini yang bener-bener nyata. Ngakunya sih bukan sinetron, tapi intrik-intriknya, sampek acting pemeran dalam reality show ini keliatan bo’ongnya. Sori ya, meskipun gue gak jago acting, tapi gue bias bedain mana yang acting, mana yang beneran. Dan rata-rata dari para pemeran itu nggak ada yang punya basic acting, jadi makin keliatan jelas ngaco-nya. Bukti lainya dating dari temen gue sendiri yang kuliah di Surabaya. Waktu itu dia nunjukin poto di hapenya. Gue kaget, “Wah, Elo ketemu artis ya?” Trus dia bilang, “Itu pas gue jadi cast di TER*EHEK-M*HEK.” Langsung aja gue nanya, “Kok gak bilang-bilang kalo Elo pernah masuk tipi?” “Gue malu. Disitu gue acting jadi cewek umur 29 yang nyari anaknya.” Gue ngakak sambil guling-guling. Ya, Tuhan. Dunia ini memang kejam. Ini semakin membuat aku yakin, acara kayak gini emang gak layak tayang. PENIPUAN PUBLIK!!!

Beberapa tahun terakhir ini gue jadi seneng nonton acara TV berita gara-gara semua acara stasiun TV hiburan lainnya jadi nggak menghibur. Tapi kok, makin kesini, berita-beritanya juga makin gak jelas.Tiap hari gue tambah eneg sama berita kasus mafia-mafiaan. Berita pagi, siang, sore, malem, sampek balik pagi lagi yang diberitakan sama mulu. Gue jadi heran, kok banyak banget orang bejat di Indonesia tercinta ini ya? Apa nggak ada orang yang bikin prestasi, menang di kejuaraan dunia makan krupuk misalnya. Kan beda.  Selain itu juga bisa bikin bangga. Jadi gue nggak berfikir kalo di negeri ini gak cuma terisi oleh orang-orang “SAKIT”.

Kalo dibiarin kayak gini terus, bisa-bisa gua jadi ANTI-TV nih. Kalo dulu banget waktu masih sekolah, gue gak bias lepas dari TV. Sampe-sampe, emak gue marah-marah karena tugas-tugas gue sebagai pelajar jadi gak keurus. Tapi sekarang, gue malah bingung kalo berhadapan sama tipi. Ganti channel, eh ada gossip. Channel yang satunya, sinetron. Yang satunya lagi, music gak jelas. Mendingan nyalain laptop, nonton variety show-nya SNSD. Terhibur, ngakak, udah kayak orang gila.




by @debeesen (twitter)


4 comments:

  1. Wow seneng ane baca uraian kata-kata nt yang jujur & tajem, karena pada faktanya udah seperti itu acara-acara TV, banyak yang 'busuk'.
    Kalo kata temen ane, TV (baca: tipi) artinya tipuan iblis.

    ReplyDelete
  2. ternyata gue bukan satu-satunya orang yang berfikiran kayak gitu...

    gue seneng sama kata2 elo...
    TIPI (TIPUAN IBLIS!!!) wkwkwkwwk

    thanks gan!!!

    ReplyDelete
  3. manteblah fakta2nya...

    tapi terakhirnya tetep, bias...

    ReplyDelete
  4. I can't deny myself-lah pokoknya...hehe

    thanks udah mampir :)
    Kapan2 mampir lagi ya...I can't deny myself-lah pokoknya...hehe

    thanks udah mampir :)
    Kapan2 mampir lagi ya...

    ReplyDelete

Your comment here

 

The other network

Visitors