Kekuatan Cinta dalam Kick Andy Offair di UMM dome, Malang. (Andrea Hirata kembali menebar pesona kisah inspiratifnya di Kota Malang)

CAT's REPORT
6 juni 2008, UMM DOME

Hari ini di UMM dome, sekali lagi Neko melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana kuatnya kekuatan motivasi dan cinta.

Bayangkan sekitar 6000 orang berkumpul d UMM Dome dalam satu waktu walau tak ada konser musik. Selama 3 jam, mulai dari pkl 14.00-17.00 6000 orang itu bisa dibuat betah 'hanya' dengan 'disuguhi' kehadiran seorang Andy F.Noya (Host 'Kick Andy' bersama Sugeng Siswoyudhono (pembuat kaki palsu dan bintang iklan Jamu 'Roso' Kuku Bima Energi), Dwi Krismawan (pilot yang terbakar wajahnya) dan pada puncak acara, Andrea Hirata; si ikal di balik kesuksesan Indonesia's Most Powerful Book: Laskar Pelangi.

Akhirnya 'sang pemimpi' nomor wahid itu hadir kembali di Malang dalam acara off air Kick Andy yang bertajuk 'KEKUATAN CINTA'. Sekilas 'judulnya' memang terdengar klise.

"Yang menakjubkan dari Bu Mus adalah bagaimana beliau bisa membuat kami mencintai ilmu". Ujar Andrea ketika menceritakan kiprah gurunya, Bu Mus, dalam mendidik kesebelas 'laskar pelangi' di tengah kondisi sekolah yang hampir roboh (yang sudah baca Laskar Pelangi pasti tahu).

Walau Neko sudah berkali-kali mendengar cerita itu dari Andrea, tetap saja cerita itu terdengar menakjubkan. Betapa besar keikhlasan sang guru sehingga membuat murid-muridnya menjadi begitu mencintai ilmu sampai-sampai Andrea menggambarkan seperti ini: "Kalau kita diberi PR geografi 20 soal, maka kami akan kembali dan meminta tambahan soal menjadi 40". Wuih padahal biasanya boro2 minta tambahan soal, denger kata 'PR' aja udah eneg huehehe.

Cinta sang guru itulah yang menginspirasi pembuatan tetralogi Laskar Pelangi. Dan lihat betapa besar pengaruh dan motivasi dari kisah tersebut.

Ada sebuah cerita menarik yang dituliskan seorang ibu bernama Koesasih dalam surat yang ia layangkan pada 'Kick Andy'. Anak sang ibu tadinya begitu badung sampai skripsinya nggak beres2. Setelah membaca Laskar Pelangi, ia menangis, tobat, dan kembali menekuni skripsinya! (buat yang lagi skripsi, kayaknya ni resep bagus juga)

Laskar pelangi sendiri telah dicetak ulang 18 kali sampai Februari 2008 (mungkin sekarang lebih), itu belum edisi bajakannya! (Gubrak!) Padahal, konon di Indonesia, sulit bagi sebuah buku untuk mencapai penjualan 3000 copy untuk launching pertama. Tapi Laskar Pelangi bahkan bisa laku 20 rbu @ minggu!

Andrea sendiri masih ingin menyebarkan pengaruh positif bukunya. "Apalah artinya jumlah penjualan buku yang sekarang dibandingkan dengan 250 juta penduduk Indonesia?" begitu jelas Andrea. Karena itu ia mengiyakan ketika Laskar Pelangi akan difilmkan oleh Miles Production dengan sutradara Riri Riza. Rencananya film ini akan dilaunching September 2008.

Dari sekian banyak rumah produksi yang ingin memfilmkan Laskar Pelangi (sampai ada yang menawar 7 milyar!), Andrea memilih Miles karena ia diberi wewenang penuh untuk mengoreksi scriptnya agar tak melenceng dari buku dan agar pesan dari buku tersampaikan dengan utuh. Jadi bukan atas dasar pertimbangan komersial belaka.Salut! Wah pokoknya wajib nonton!

Di penghujung acara Andrea menekankan kepada audiens tentang betapa
kuatnya kekuatan motivasi diri dan berpikiran positif. Dan semua itu pun didasari oleh satu: Cinta. Seperti layaknya cinta sang guru dari sekolah kampung di Bangka-Belitong (sekolah Andrea dulu) yang mampu mengantarkan muridnya hingga menjadi sebesar sekarang dan mampu memberikan pengaruh positif bagi khalayak luas dengan karyanya yang menggebrak dunia sastra Indonesia. Acara diakhiri tepat jm 17.00 WIB. 6000 orang pun tumpah ke luar dome UMM dengan membawa sejuta kesan...

Nb:teman2 di Pendidikan Bahasa Inggris 2007, ayo kita buat murid2 kita nanti mencintai ilmu! Sebelum itu, mari kita cintai ilmu itu sendiri!

0 comments:

Post a Comment

Your comment here

 

The other network

Visitors