INDONESIA - MALAYSIA: Kawan atau Lawan?

MENILIK HUBUNGAN ERAT INDONESIA-MALAYSIA.

Indonesia-Malaysia, dua negara yang berasal dari rumpun melayu, telah memliki hubungan yang sangat dinamis dari awal terbentuknya masing-masing negara hingga saat ini. Indonesia-Malaysia memiliki banyak kesamaan dalam hal sejarah. Indonesia-Malaysia sama-sama pernah di jajah oleh bangsa Eropa selama berabad-abad. Bedanya, Indonesia dijajah oleh Belanda dan Malaysia dijajah oleh Inggris. Jauh sebelum terbentuknya negara Indonesia dan Malaysia, kedua wilayah yang sekarang menjadi negara berdaulat itu dikenal dengan sebutan kepulauan Nusantara. Sejarah hubungan Indonesia-Malaysia sudah ada sejak sebelum terbentuknya kedua negara tersebut.

Hubungan Indonesia-Malaysia memburuk saat Malaysia berusaha untuk membentuk Negara Federasi Malaysia. Presiden Soekarno, pada pada saat itu, beranggapan bahwa Negara Federasi Malaysia hanya akan menjadi boneka dari Kerajaan Inggris. Setalah konflik mereda, hubungan Indonesia-Malaysia kembali memanas dengan konflik batasa geografis kedua negara yang mempersengketakan wilayah kepulauan Sipadan dan Ligitan yang dimenangkan oleh Malaysia. Tidak sampai disitu saja, konflik kedua negara masih sering terjadi, malah semakin sering terjadi. Beberapa diantaranya adalah klaim budaya oleh Malaysia, masalah TKI di Malaysia, dan  juga masalah perbatasan.

Jika kita melihat sejarah perjalanan Indonesia dan Malaysia hingga saat ini, kita akan merasa miris dengan maraknya konflik antara Indonesia dan Malaysia. Tidak ada yang tahu siapa yang memulai konflik. Jika kita melihat dari sisi Malaysia, tentu mereka beranggapan bahwa yang memuai konflik adalah Indonesia. Sebaliknya, jika kita melihat dari sudut pandang Indonesia, Malaysia-lah dalang dari segala konflik yang ada. Namun, yang jelas, konflik-konflik tersebut semakin memanas dikarenakan propaganda oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang menebar isu konflik melalui bebagai media, seperti media masa, jejaring social, dan juga forum antar kedua negara.


Sebagai manusia yang beragama dan berpendidikan, seharusnya kita mampu melihat dengan jelas setiap masalah yang ada yang  melibatkan hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia. Minimnya pemahaman generasi muda akan sejarah panjang Indonesia dan Malaysia serta pentingnya menjaga hubungan yang telah dijalin antar kedua negara menjadi penyebab mudahnya generasi muda terpancing dengan isu-isu negatif yang dapat memecah belah hubungan Indonesia-Malaysia.



oleh: @debeesen


0 comments:

Post a Comment

Your comment here

 

The other network

Visitors